Selasa, 29 April 2014

Bagi kita yang pernah bersekolah, tentu pernah mendapat pelajaran sejarah. Namun pernahkah kita merenungkan manfaat apa yang dapat diperolah dalam mempelajari sejarah. Mudah–mudah anda tidak mengalami seperti apa yang saya rasakan. Saya merasakan pelajaran sejarah, tidak lebih hanya mengetahui peristiwa-peristiwa masa lalu, tanggal kejadian dan pelakunya.

Padahal, mestinya maksud dan tujuan mempelajari sejarah bukan hanya sekedar, mengetahui atau hafal peristiwa tentang masa lalu. Tetapi lebih dari itu memahami peristiwa sejarah tersebut, untuk menumbuhkan semangat berjuang dan beroriantasi masa depan. Kita bisa belajar banyak dari para pahlawan, motivasi dibalik perjuangan mereka. Bagaimana mereka telah berjuang dan mengorbankan kehidupan mewah demi apa yang mereka cita-citakan. Kita bisa mempelajari motivasi para pejuang yang rela menghabiskan hartanya dan bahkan mengorbankan jiwanya untuk perjuangan. Lalu kita mengambil pelajaran bahwa, perjuangan dan pengorbanan tetap masih dibutuhkan meskipun sudah hidup dialam merdeka. Kita masih butuh berjuang meskipun kita sudah hidup makmur dan berkelimpahan. Karena setiap manusia dilahirkan bukan hanya untuk menyesak-nyesakkan bumi atau tanpa tujuan besar. Manusia lahir dibumi, bukan hanya untuk sekedar agar dirinya atau keluarganya bisa bertahan hidup. Manusia dilahirkan ke bumi untuk menjadi pejuang, mengikuti perlombaan, memberi kemanfaatan sebanyak-banyaknya kepada alam dan orang lain.

Anda masih ingat sumpah Gajah Mada yang terkenal itu. Adakah pengaruh atau manfaat sumpah tersebut dalam kehidupan anda. Pernahkah sumpah tersebut menginspirasi anda untuk membuat sumpah yang sama. Saya pribadi baru ngeh, tentang manfaat sumpah tersebut bagi kehidupan masyarakat banyak setelah membaca kisah Joe Girard seorang pecundang, pemabok yang akhirnya menjadi seorang sales mobil yang terkenal dan masuk dalam Guinness book of record dunia, yang rekornya belum terpecahkan hingga sekarang.

Andaikan para guru ketika mengajarkan sejarah mementingkan isi dan manfaat dibalik peristiwa sejarah, lalu digunakan untuk membangkitkan semangat berjuang para siswa tentu akan terlahir, pribadi-pribadi yang tangguh dan bercita-cita tinggi. Pada gilirannya akan terlahir pribadi yang mementingkan proses bukan hasil. Pribadi yang mementingkan perjuangan bukan kemewahan. Sehingga masalah korupsi akan hilang dengan sendirinya. Bagaimana bisa itu terjadi? Ya Karena para diri siswa tertanam karakter berjuang dan tidak memetingkan diri sendiri. Hidup bukan hanya sekedar menikmati tetapi perjuangan dan pengorbanan

Dengan pemahaman diatas, SMP IT ALFAWWAZ akan menjadikan pelajaran sejarah sebagai pembinaan karakter. Pelajaran sejarah digunakan sebagai pengenalan tokoh-tokoh dunia yang bisa dijadikan inspirasi dan teladan pribadi yang sukses.

Semoga bermanfaat.
See you at the top

0 komentar:

Posting Komentar